Senin, 04 Januari 2010

Cara System Restore pada Win XP

Yah, kita semua ada di sana. Kita menghidupkan komputer kita (boot up) bersiap-siap untuk mengetik laporan sekolah, atau presentasi bisnis dan coba tebak, komputer kita hanya tidak ingin bekerja hari ini. Entah itu pengolah kata, spreadsheet, atau paket keuangan yang tidak bekerja, sebagian besar orang tidak tahu bahwa Microsoft Windows XP memiliki fitur yang dibangun hanya dapat datang dan menyelamatkan hari. Fitur yang disebut "System Restore. "

Pada dasarnya, System Restore adalah seperti anjing kecil yang berjalan di balik layar mengambil "snapshots" dari berbagai bagian dari Microsoft Windows XP sistem operasi. Jadi, jika sebuah bagian dari Microsoft Windows XP berhenti bekerja suatu hari, utilitas Pemulihan Sistem dapat referensi salah satu "foto" itu mengambil dan mengembalikan sistem anda dari hari sebelumnya (hari ketika komputer Anda bekerja). Hal itu seperti akan kembali pada waktunya untuk suatu hari ketika komputer Anda bekerja. Semua data saat ini (Microsoft Word file, dll) masih dipertahankan, sehingga Anda tidak perlu khawatir kehilangan file apapun hari ini.

Dalam rangka untuk memulihkan komputer Anda cukup ikuti langkah-langkah sederhana ini:

1. Menutup semua program yang terbuka.

2. Klik pada Windows tombol "Start" (biasanya terletak di bagian bawah desktop komputer anda)

3. Klik "All Programs"

4. Klik pada "Aksesoris"

5. Klik pada "System Tools"

6. Kemudian klik "System Restore"

7. Pada titik ini System Restore wizard akan memulai. Anda akan memiliki dua pilihan:

a. "Kembalikan sistem saya dari tanggal sebelumnya"

b. "Buat titik pemulihan sistem"

Jika Anda hanya perlu untuk mengembalikan sistem anda dan membuatnya bekerja dengan benar lagi, cukup pilih opsi "a" dan klik "Next. "

8. Pada layar ini anda dapat memilih tanggal dari kalender yang Anda ingin mencoba dan memulihkan dari. Jadi, jika Anda tahu bahwa komputer Anda bekerja dengan baik dua hari lalu, hanya memilih tanggal di kalender dan klik "Next. "

9. Tampilan berikutnya adalah jendela konfirmasi. Hanya memverifikasi informasi di layar dan klik "Next. "Windows XP akan reboot dan coba untuk mengembalikan sistem anda dengan pengaturan dari tanggal yang Anda pilih.

Proses Pemulihan Sistem dapat mengambil mana 10-30 menit, tergantung pada seberapa banyak konfigurasi ulang Windows XP harus dilakukan dan seberapa cepat dari sebuah PC yang anda miliki. Ketika System Restore selesai, layar akan popup dengan hasil pemulihan. Jika berhasil, maka Anda dapat login ke sistem dan mulai menggunakan komputer lagi. Setiap masalah-masalah aneh bahwa Anda sekarang sedang mudah-mudahan hilang.

Sekarang, di 7b langkah di atas, saya menyebutkan "Buat suatu sistem restore point" pilihan. Pilihan ini ketika Anda ingin memaksa Windows XP untuk mengambil snapshot dari sistem anda sebelum anda menginstal sebuah program atau mengubah pengaturan sistem apapun yang Anda tidak yakin. Hal ini seperti jaring pengaman untuk ketika anda menginstal program Internet manapun (kadang-kadang penuh dengan spyware) atau sistem driver (video, audio, dll). Jika Anda ingin dapat kembali ke keadaan perawan hanya membuat restore point "sebelum" menginstal perangkat lunak apapun. Dengan cara ini, jika komputer anda mulai bertingkah aneh, Anda bisa mengembalikan pengaturan dari titik yang dipilih.

Dengan sedikit berlatih, utilitas Pemulihan Sistem ini mudah digunakan dan cara yang baik untuk membantu menjamin keamanan komputer Anda.

Tidak ada komentar: